Sunday, December 20, 2009

climate changing

Baru baru ini telah dilaksanakan KTT di Copenhagen Denmark yang lebih menyoroti tentang perubahan iklim yang terjadi di bumi kita..para pemimpin dunia bersama sama merumuskan permasalahan tersebut.. Namun sayang kabar yang saya dengar rapat besar KTT tersebut belum menemukan solusi yang pasti untuk menyelesaikan permasalahan ini.. Dikarenakan beberapa negara kawasan Pasifik merasa keberatan karena diperkirakan beberapa puluh bahkan belas tahun ke depan negara-negara tersebut akan hilang dari peta dunia karena pemanasan global yang membuat hilang sebagian daratan di kawasan Pasifik ditambah lagi dengan makin cepatnya es pada kutub utara yang mencair, ini akan mempercepat naiknya air pada permukaan laut..Dan negara-negara maju sepertinya masih enggan untuk mengurangi polusi industri besar mereka. Karena seperti kita tahu bahwa polusi terbesar pertama adalah adanya emisi gas..sebenarnya jika kita kaji lebih jauh..Indonesia juga mempunyai peran yang cukup besar bagi dunia..karena hutan di Indonesia merupakan salah satu paru-paru dunia dan kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya,dll mempunyai kandungan emisi gas berbahaya terbesar di Indonesia..so..kita teriak-teriak berdemo ke sana ke sini tentang perubahan iklim apa berdampak besar bagi perubahannya????sudah saatnya kita kaum muda untuk mengambil langkah nyata..tidak perlu langkah ekstrim..kita coba dengan aktivitas keseharian kita..seperti contoh-contoh berikut :
1. Jalan kaki atau naik sepeda lebih sehat daripada naik kendaraan..karena terkadang kita sudah terbiasa dengan hidup yang serba instant..jarak 100m saja kita suka naik ojek padahal jika kita jalan kaki pelan-pelan kita bisa sampai ke tujuan..lebih hemat dan pembakaran kalori kita lebih sempurna..hasilnya badan akan lebih bugar dan langsing(karena lemak dalam tubuh kita terbakar dengan baik).
2. Hindari memakai kantong plastik..plastik adalah benda yang butuh bertahun tahun untuk mengurainya..bayangkan jika kita selalu mamakai plastik..berapa tumpukan sampah plastik yang ada di Indonesia.
3. Sayangi bumi kamu dengan tidak membuang sampah sembarangan..klise memang..namun jika setengah dari populasi bumi melakukan hal ini..bisa di bayangkan bersihnya bumi kita..
4. Hindari memakai parfum dan barang-barang elektronika yang mengandung zat yang berbahaya bagi bumi..parfum spray atau semprotan dalam sekali semprot dapat menipiskan ozon.
5. Tidak merokok..selain tidak baik untuk kesehatan asap yang ada pada rokok juga dapat menipiskan ozon..
Sebetulnya masih banyak yang bisa kita berikan demi kelangsungan hidup bumi kita..tapi langkah kecil yang saya urai di atas merupakan kontribusi kecil yang dapat kita lakukan..
Selamat mencoba.... =)

No comments:

Post a Comment