Monday, March 22, 2010

PERTUMBUHAN BUAH DAN HEWAN YANG ANEH

TEMA : PENALARAN

PERTUMBUHAN BUAH DAN HEWAN YANG ANEH DI LUAR NALAR MANUSIA BIASA

Sudah sepekan ini banyak ditemukan pertumbuhan buah yang bentuk serta rasa yang aneh atau tak lazim. Seperti kehebohan yang terjadi di Propinsi Banten dimana pohon pisang berbuah lebih dari satu jantung pohon pisang serta buah pisang yang tumbuh pada batang tandai pisang. Dan anak kambing yang baru dilahirkan mempunyai lebih dari 4 kaki atau ayam yang berceker lima.Bagi masyarakat awam hal ini adalah termasuk aneh dan berbau mistis yang pada akhirnya akan berbuah kepercayaan kepada sesuat hal yang diluar logika.

Padahal jika kita telisik lebih jauh hal-hal tersebut adalah wajar terjadi. Karena beberapa hal ilmiah yang dapat masuk nalar manusia. Seperti pada buah-buahan yang tumbuh tidak sempurna atau aneh, misalnya saja pada pohon pisang yang berjantung lebih dari satu atau tumbuhan nangka yang tumbuh dalam tubuh tumbuhan cempedak, hal ini dapat dilakukan oleh manusia yang disebut rekayasa genetika. Atau dalam ilmu biologinya pada buah-buahan tersebut sari buah/ serbuk bunga yang nantinya menjadi bakal buah terbawa oleh serangga atau angin ke tumbuhan lain maka jadilah perkawinan silang di keduanya. Hal ini yang mungkin terjadi pada tumbuhan nangka berbadan cempedak. Sedangkan pada tubuh hewan disebabkan adanya pembelahan sel yang tidak sempurna sewaktu di kandungan ibu (induk).

Sudah seharusnya kita menggunakan akal pikiran kita yang rasional agar tidak terjebak pada hal-hal yang di luar logika kita sebagai manusia haruslah menggunakan hal yang rasional mengenai hal ini atau untuk hal-hal yang di anggap tabu atau aneh.

No comments:

Post a Comment