Wednesday, February 24, 2010

Mengapa Kita Harus Mempelajari Bahasa Indonesia??

Sudah sebaiknya kita sebagai warga Negara Indonesia yang baik mempergunakan, menerapkan berbahasa Indonesia yang baik yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang ada. Sangat aneh ketika banyak rakyat Indonesia yang dengan bangganya mempergunakan bahkan mencampur adukkan bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia. Bukan hal yang salah jika kita mempelajari dan menerapkan bahasa asing ke dalam percakapan sehari-hari namun kita juga harus mempertimbangkan keadaan, kondisi lawan bicara kita dan dimana kita berbicara jangan sampai kita salah tempat dan situasi.

Di Era globalisasi ini orang berlomba-lomba mempelajari dan mempraktekkan bahasa asing sebut saja bahasa Inggris, Mandarin, Latin dsb. Hal ini sangatlah wajar karena jika kita ingin berkompetisi secara global, berkomunikasi dengan bahasa asing dalam hal ini bahasa Inggris adalah syarat mutlak karna bahasa tersebut adalah bahasa internasional dunia.

Selain tuntutan zaman, bahasa daerah yang beraneka ragam pun merupakan salah satu alasan mengapa kita harus mempelajari bahasa Indonesia. Tidak bisa dibayangkan jika semua daerah dan suku di Indonesia mengklaim bahwa bahasa mereka yang paling baik untuk dijadikan bahasa nasional bangsa Indonesia. Maka jadilah bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu dan nasional di Indonesia. Itulah sebabnya mengapa kita harus mempelajari bahasa Indonesia agar dalam berkomunikasi antar daerah dan suku tercapai keselarasan dan masing-masing dapat mengerti dan memahami.

Selain hal-hal tersebut diatas adanya bahasa gaul yang banyak terdapat pada media elektronik maupun jejaring social yang disingkat-singkat bahkan adanya istilah tertentu seperti berlebihan = lebay, gratis = gretong, pulang = cap cus ditambah lagi dengan adanya kata serapan bahasa asing yang masih jarang orang mengenal artinya. Selain itu banyak orang / masyarakat yang belum mengetahui ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar seperti apotek = apotik.

Semoga saja dengan mempelajari bahasa Indonesia kita dapat memperbaiki ejaan, kosakata, yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan.

No comments:

Post a Comment